Mengenal Beragam Jenis-Jenis Jerawat yang Perlu Anda Ketahui

C:\Users\Lud\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.MSO\8DA657AF.tmp

Anda mungkin mendengar istilah “pelarian” yang digunakan untuk menggambarkan semua bentuk jerawat, tetapi ini tidak selalu merupakan deskripsi yang akurat. Tidak semua jenis jerawat menyebar ke seluruh kulit.

Pori-pori yang tersumbat menyebabkan jerawat itu sendiri. Ini mungkin dikaitkan dengan:

  • produksi minyak berlebih (sebum)
  • bakteri
  • hormon
  • sel kulit mati
  • rambut tumbuh ke dalam

Jerawat biasanya dikaitkan dengan fluktuasi hormon yang dialami selama masa remaja Anda, tetapi orang dewasa juga bisa mengalami jerawat. Sekitar 17 juta orang Amerika memiliki jerawat, menjadikannya salah satu kondisi kulit paling umum di antara anak-anak dan orang dewasa.

Mengidentifikasi jenis jerawat apa yang Anda alami adalah kunci keberhasilan perawatan. Jerawat bisa bersifat noninflamasi atau inflamasi. Subtipe jerawat dalam dua kategori ini meliputi:

  • komedo
  • whiteheads
  • papula
  • pustula
  • nodul
  • kista

Mungkin untuk memiliki beberapa jenis jerawat sekaligus – beberapa kasus bahkan mungkin cukup parah untuk memerlukan kunjungan ke dokter kulit.Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang subtipe jerawat dan bagaimana Anda dapat mengobatinya.

Jerawat non-inflamasi

Jerawat non-inflamasi termasuk komedo dan whiteheads. Ini biasanya tidak menyebabkan pembengkakan. Mereka juga merespons relatif baik terhadap perawatan yang dijual bebas (OTC).

Asam salisilat sering dipasarkan untuk jerawat pada umumnya, tetapi biasanya bekerja paling baik pada jerawat yang tidak radang. Ini secara alami mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan komedo dan komedo. Carilah di pembersih, toner, dan pelembab.

Komedo (komedo terbuka)

Komedo terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi sebum dan sel kulit mati. Bagian atas pori-pori tetap terbuka, meskipun sisanya tersumbat. Ini menghasilkan karakteristik warna hitam yang terlihat di permukaan.

Komedo putih (komedo tertutup)

Whiteheads juga dapat terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati. Tetapi tidak seperti komedo, bagian atas pori-pori menutup. Itu terlihat seperti benjolan kecil yang menonjol dari kulit.

Komedo lebih sulit diobati karena pori-pori sudah tertutup. Produk yang mengandung asam salisilat dapat membantu. Retinoid topikal memberikan hasil terbaik untuk jerawat komedonal. Saat ini, adapalene (Differin) tersedia tanpa resep sebagai retinoid. Jika tidak bekerja untuk Anda, retinoid topikal yang lebih kuat tersedia dengan resep dokter kulit Anda.

Jerawat peradangan

Jerawat yang merah dan bengkak disebut sebagai peradangan jerawat. Meskipun sebum dan sel-sel kulit mati berkontribusi terhadap peradangan jerawat, bakteri juga dapat berperan dalam menyumbat pori-pori. Bakteri dapat menyebabkan infeksi jauh di bawah permukaan kulit. Ini dapat menyebabkan bintik-bintik jerawat yang menyakitkan yang sulit untuk dihilangkan.

Produk yang mengandung benzoil peroksida dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menyingkirkan bakteri di dalam kulit. Ini juga dapat menghilangkan kelebihan sebum. Dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik oral atau topikal bersama dengan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat radang Anda. Retionoid topikal juga merupakan bagian penting dari memerangi papula dan pustula inflamasi.

Papula

Papula terjadi ketika dinding di sekitar pori-pori Anda rusak karena peradangan parah. Ini menghasilkan pori-pori keras dan tersumbat yang empuk saat disentuh. Kulit di sekitar pori-pori ini biasanya berwarna merah muda.

Pustula

Pustula juga dapat terbentuk ketika dinding di sekitar pori-pori Anda pecah. Tidak seperti papula, pustula diisi dengan nanah. Benjolan ini keluar dari kulit dan biasanya berwarna merah. Mereka sering memiliki kepala kuning atau putih di atasnya.

Seberapa parah setiap jenis jerawat?

Komedo dan komedo adalah bentuk jerawat paling ringan. Ini kadang-kadang dapat dibersihkan dengan obat topikal OTC, seperti toner berbasis asam salisilat atau perawatan tempat benzoil peroksida. Jika mereka tidak menanggapi obat OTC, komedo mudah diobati dengan retinoid topikal. Bahkan ada satu jenis retinoid, yang dikenal sebagai adapalene, yang sekarang tersedia di pasaran. Ini sangat efektif dalam membersihkan komedo dan whiteheads.

Pustula dan papula adalah bentuk jerawat yang lebih moderat. Ini mungkin atau mungkin tidak jelas dengan obat-obatan OTC. Jerawat sedang yang luas mungkin memerlukan resep oral atau topikal dari dokter kulit.Nodul dan kista adalah bentuk jerawat paling parah. Anda harus menemui dokter kulit untuk membersihkan jerawat parah. Mengambil atau memunculkan nodul dan kista dapat menyebabkan bekas luka.

Berkonsultasi dengan dokter kulit adalah satu-satunya cara Anda dapat menerima diagnosis yang lengkap dan akurat. Dalam beberapa kasus, perawatan ahli mungkin merupakan satu-satunya cara untuk sepenuhnya membersihkan dan mengendalikan jerawat Anda.

sumber :

https://www.medicalnewstoday.com

https://www.healthline.com

https://www.aad.org

sumber gambar

https://lifestyle.kompas.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*